Minggu, 22 Agustus 2010

Catatan akuntansi STAN 2007-2010 (bagian I)

Dosen atau anak se-angkatan yang kesasar???  

Rasanya baru kemaren saya bertemu dengan wajah-wajah itu, wajah mereka yang menambatkan asa, cita, dan berbagai harapan di kampus ini. Mereka yang datang dari seantero negeri dengan beragam latar belakang, budaya, dan juga pengorbanan yang saya tau tidak kecil.

Pertemuan dengan mereka merupakan awal dari banyak hal tidak terduga yang saya alami selama 3 tahun ini. Pertemuan yang berasal dari penugasan RESMI lembaga kepada saya, setelah sebelumnya secara resmi alias tidak resmi saya harus mondar mandir gedung C, D, E, L, dan juga F.
saya katakan resmi, sebab setelah menamatkan tugas negara (cie... tugas negara) di gd. F tahun 2008 nama saya mulai masuk dalam kawasan elite yang selama ini belum pernah saya jamah.

Sebenarnya penugasan ini bukan merupakan hal baru bagi saya, sebab sejak tahun 2005 (akhir perkuliahan tingkat 3 dulu ) hingga awal 2008,secara TIDAK RESMI tadi saya diminta oleh para sumber ilmu saya untuk berbagi cerita tentang Stice skusen, paket UU keuangan negara, robert gunadi dan Freeman; Standar akuntansi pemerintahan, Fees Warren, F. Beams ataupun tentang buku ungu yang saya lupa siapa pengarangnya (cost-red). 
Permintaan ini alhamdulillah tidak pernah saya tolak dan saya laksanakan dengan baik.

Cukup aneh memang, bahwa saya memiliki dua status yang berbeda di kampus ini dalam waktu yang sama!
perbedaan status itu menganut asas LOCUS. Gedung F adalah tempat dimana saya harus duduk manis menimba ilmu; mengcompile tugas2, ataupun bertukar pantun dengan teman2. TETAPI status ini akan berubah 180' apabila saya memasuki gedung C, D, E, atapun L. Saya memiliki kuasa penuh atas kelas yang saya masuki. wkwkwkwkw (tertawa jahat)
saya masih sering tertawa simpul apabila mengenang masa-masa itu, dimana saya harus berlari-lari antar gedung hanya untuk beralih status. capek memang, tapi saya suka. dan itulah saya! menikmati banyak hal yang mungkin aneh, membosankan, dan tidak lazim bagi banyak orang.

ups, kok jadi bercerita hal-hal tersebut.(curcol jadinya)
menyalahi tema dan judul jadinya! hahahaha

balik lagi. ke masalah akuntansi 2007-2010
seperti dijelaskan sebelumnya setelah dinyatakan lulus pada awal 2008, saya mulai mengampu 3 kelas.
1E, 1F, dan 1T.

berhubung sekre ngasih taunya sangat ndadak (pagi sebelum berangkat kantor baru dikasih tau)
maka saya sama sekali tidak prepare buat masuk kelas pada kamis pagi itu...(prepare disini dalam artian saya belum membawa buku dan mengenakan kostum yang pantas)
setelah janjian sama pak Warren di gedung P, melangkahlah saya ke gedung C menuju ruangan yang dimaksud.

nah disinilah segala sesuatu dimulai, karena begitu saya masuk kelas semua mata melihat dengan penuh selidik ke arah saya (sekedar info, kostum saya saat ityu adalah baju polos warna biru dengan tas punggung buntut yang masih setia menemani sampai sekarang)
banyak dari mereka yang berfikir "eh ada mahasiswa nyasar ke kelas, pasti mau ada semacam kajian pagi yang secara rutin disampaikan oleh salah satu elkam".atau mungkin kampanye pemilihan ketua himpunan mahasiswa..... begitulah kira2 yang saya tangkap dari mata2 mereka yang masih menyimpan selidik.

namun setelah saya perkenalkan diri saya
kaget dan hebohlah mereka......
ibarat film kartun mereka masih sibuk ngucek2 mata setengah ga percaya... atau dalam film komedi/sitkom/dagelan  pasti mereka akan bilang "akh.... jangan pura2.... ente ga pantes deh"

saya pun agak setengah mati meyakinkan mereka....
beneran adek2 saya itu pengajarnya..... (begitulah kira2 bahasa tubuh saya saat itu)hal ini tentu menimbulkan dampak
antara pengen ketawa ma dongkol pada saat itu.

setelah mereka mau ga mau percaya! mulailah interaksi diantara kami terjalin (cie.. kayak apa aja)
dari sini saya kembali tau dan yakin mereka masih sama dengan temen2 saya seangkatan dulu (cerita tentang teman2 saya akan segera terbit, tunggu ya).
banyak dari mereka rela meninggalkan kampus yang selama ini diidam-idamkan banyak orang dan tidak semuanya mendapat kesempatan itu (baca UI, UGM, ITB, ITS, dll bahkan beberapa diterima scholarship di luar negeri). untuk selanjutnya beralih kesini. WOW


alhamdulillah
saya cukup dapat menyatu dengan mereka, maklum masih muda. (wkwkwkw, penyakit saya sejak TK kumat lagi)
hal yang membuat saya selalu semangat untuk menungnggu sesi2/pertemuan selanjtnya adalah
never ending spirit mereka yang terus mengebu-gebu dan berkobar....
semangat untuk tidak hanya sekedar tau tapi MENGUASAI..
sehingga seringkali saya harus menyampaikan materi2 tingkat yang harusnya baru akan mereka dapatkan pada semester 3/4
saat itulah saya bertekad...
akan saya buntuti mereka sampai akhirnya mereka lulus
jadi jangan salah kalau ternyata saya berturut-turut mengekor mereka dari satu semester ke semester berikutnya sampai sekarang.

terlepas dari itu semua
banyak kenangan yang nantinya akan saya sambung di bagian II dst dari kisah mereka
bahkan beberapa dari mereka memiliki kesan yang mendalam bagi saya. Akibatnya dalam beberapa hal mereka menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk dapat berbuat lebih baek lagi...

bersambung ke bagian II
saya terpaksa menutup sesi ini karena mata saya sudah sangat penat...
hari ke 12 ramadhan @ 1.00 am

2 komentar:

  1. wah bapak benar2 menerapkan "Isin iku gawe wong kang ndeleng lan rumongso"
    salut..

    BalasHapus
  2. wah, ditunggu kisah selanjutnya pak.. kayaknya seru nih :D

    BalasHapus